Selasa, 02 Mei 2023

GENDHING SPESIAL GENERASI MILENIAL

MELESTARIKAN BUDAYA MELALUI KARAWITAN

 

SMK Kesehatan Bantul berkomitmen untuk melestarikan budaya asli daerah melalui kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan. Melalui ekstrakurikuler ini, siswa dilatih dan diajak untuk mencintai musik tradisional gamelan.


Karawitan merupakan suatu keahlian, ketrampilan, kemampuan, atau seni memainkan, menggarap, atau mengolah suatu gendhing (lagu tradisional dalam seni karawitan Jawa yang dimainkan menggunakan alat musik gamelan) sehingga menjadi bagian-bagian kecil yang bersifat renik, rinci, dan halus. Kegiatan ekstrakurikuler karawitan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan gambaran awal kepada siswa mengenai seni karawitan.


Gendhing indah mengalun menggema di sudut sekolah, menandai para wiyaga muda SMK Kesehatan Bantul sedang berlatih. Sesekali suara terdengar blero (sumbang), lalu sang pelatih memberi arahan untuk menciptakan harmoni tabuhan gamelan yang nglaras, lembut, nyaman didengar, dan menjadi karya seni tradisional yang membanggakan.


Pementasan gamelan dilakukan saat siswa pengambilan nilai ekstrakurikuler. Selain itu, pada kegiatan sekolah sering juga para pradangga muda SMK Kesehatan Bantul menunjukkan kelihaiannya memainkan gamelan. Satu diantaranya, ketika bertugas mengiringi prosesi wisuda purna siswa kelas XII.


Dukungan penuh dari sekolah ditunjukkan dengan menyediakan set gamelan lengkap beserta pelatih yang dengan sabar dan telaten mendampingi sang pengrawit muda. Para siswa pengrawit adalah generasi modern yang mencintai dan melestarikan budaya asli daerahnya. Siswa SMK Kesehatan Bantul sungguh luar biasa.. selain pandai secara keilmuan, mereka mahir dan mampu memainkan gendhing dengan harmonisasi indah. Semoga seni karawitan tetap mendapat tempat spesial di hati generasi milenial. (by:nana)










Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta