Senin, 21 Februari 2022

Pembekalan Siswa PKL, Diklat Pemakaian & Pelepasan APD

Smkkesehatanbantul.sch.id – Bantul, Di era pandemi COVID-19 ini, penggunaan alat pelindung diri (APD) sangatlah penting untuk menurunkan risiko penularan penyakit infeksius pada tenaga medis karena dapat menghindarkan kontak dengan patogen. Hal-hal yang perlu diketahui tenaga medis terkait APD adalah jenisnya, cara melepaskan, dan bagaimana meningkatkan kepatuhan tenaga medis dalam menggunakan APD.

Menjelang Praktek Kerja Lapangan bagi siswa-siswi SMK Kesehatan Bantul demi terjun membantu tenaga medis pada era saat ini serta melatih siswa untuk lebih mengenal dunia kerja. SMK Kesehatan bantul menggelar Diklat Pemakaian & Pelepasan APD sebagai pembekalan siswa sebelum PKL di laboratorium TLM pada Senin 14 Februari 2022.



Penggunaan alat pelindung diri (APD) dapat membantu menurunkan risiko penularan penyakit yang sangat infeksius. Teknik penggunaan dan pelepasan APD yang baik, penting untuk diketahui tenaga medis. Teknik pemasangan dan pelepasan APD sebaiknya mengikuti pedoman dari berbagai instansi kesehatan, seperti WHO dan CDC. Saat menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan panduan petunjuk teknis penggunaan alat pelindung diri yang disesuaikan dengan lokasi dan aktivitas yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.


Bagi siswa-siswi SMK Kesehatan Bantul, Pedoman ini perlu diperhatikan dan diikuti sebagai tenaga kesehatan, karena tenaga kesehatan memiliki tugas memeriksa, merawat, mengantar, atau pada saat ini membantu mencegah meminimalisir virus Covid-19. Tujuan diadakannya Diklat agar siswa Kelas 2 yang hendak menjalani Praktek Kerja Lapangan dapat bertugas menjalankan kewajiban Tugas pada Semester Genap tanpa halangan di tengah masa pandemi saat ini.


Siswa juga diberi pengarahan oleh guru-guru tentang pentingnya pengenalan peralatan APD serta fungsi-fungsinya. Seperti sebelum memegang alat atau bahan para siswa diharuskan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer serta menggunakan masker selama pengerjaannya. Dengan diadakan Diklat, Siswa-siswi SMK Kesehatan Bantul khususnya kelas 2, siap untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. SMK BISA !!!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta