Rabu, 25 Januari 2023

AKTUALISASI DIRI, Siswa Jurusan TLM SMK Kesehatan Bantul Outing Class

Sabtu, 21 Januari 2023 adalah momen yang sangat berharga dan berkesan bagi siswa kelas X TLM, karena pada hari ini kita keluarga besar SMK Kesehatan Bantul Jurusan TLM melaksanakan kegiatan yang sangat menarik yaitu outing class. Kegiatan outing class kali ini berupa outbond yang mengambil tema “Dengan melakukan kegiatan tadabur alam, kita memupuk kepeminpinan dan kebersamaan dalam keluarga”. Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan aktualisasi diri seseorang diri siswa yang pada akhirnya akan memberikan konstribusi positif bagi kemajuan proses belajar mengajar disekolah.

Selain meningkatkan kemampuan aktualisasi, outbound kali ini juga memiliki manfaat menumbuhkan jiwa leadership siswa yang mungkin selama ini belum terlihat. Beberapa dari permainan atau outbound ada yang memiliki tujuan untuk melatih jiwa leadership seseorang terutama ketika mengatasi permasalahan yang ada. Melatih kerjasama tim dimana siswa yang berkerjasama dalam tim akan terbantu dengan adanya outbound yang mengharuskan peserta saling kerjasama gotong royong dengan teman satu timnya untuk menyelesaikan games atau tantangan.

Mengasah lebih tajam pola pikir dengan memaksimalkan otak kiri dan kanan. Jika keduanya digunakan dengan benar, akan menjadi potensi yang sangat ampuh dalam mengambil keputusan dengan memikirkan risiko terlebih dulu. Meningkatkan kemampuan dan kedewasan seseorang saat mengambil keputusan dalam kondisi atau keadaan yang belum penah sekalipun di alami selama menghadapi berbagai masalah.

Menumbuhkan arti penting apa itu kebersamaan. Dengan rasa indivisualitas yang semakin tinggi akhir-akhir ini, sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk menumpuk rasa kepedulian terhadap sesama, menghilangkan rasa permusuhan dalam satu kelas serta menambah rasa persaudaraan.

Kegiatan outbond meliputi beberapa permainan seperti estafet bola, permainan bigyelling, dan permainan interaktif lainnya. Dilanjutkan dengan kegiatan telusur sungai dan air terjun dan touring Merapi.

Menjadi sarana refreshing bagi siswa yang mungkin selama ini merasa jenuh. Kegiatan outbound yang menyenangkan akan memberikan rasa suka cita bagi para peserta, terbukti dengan pernyataan guru dan siswa yang mengikuti kegiatan ini bahwa meraka akan sangat menikmati permainan dan kegiatan selama outbond dan sedikit melupakan kegiatan rutinitas yang membuat rasa bosan.

 

                                                                                                                                        By: Hendro P.

 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

4 Comments:

  1. Luar biasaa.. Kegiatan outing class menumbuhkan karakter positif pada diri siswa. Sikap kepemimpinan, kepedulian, kebersamaan, kerja sama dan masih banyak lagi..

    BalasHapus
  2. Kegiatan ini sangatlah bagus untuk melatih kebersamaan sesama teman dan mengurangi rasa kejenuhan, terlepas dari wabah covid yang menyebabkan kita harus melakukan kegiatan belajar secara daring.

    BalasHapus
  3. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para siswa siswi dapat memupuk rasa persaudaraan, kebersamaan, dan solidaritas.

    BalasHapus
  4. kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa siswi, karena dapat memupuk rasa kerjasama, kemandirian, rasa persaudaraan, solidaritas, dan sikap kepemimpinan

    BalasHapus

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta