Minggu, 12 Maret 2023

SMK KESEHATAN BANTUL KEMBANGKAN KELAS INDUSTRI

PRODI TLM GANDENG KLINIK PRATAMA CITA SEHAT


SMK Kesehatan Bantul kini memiliki kelas industri. Dengan menggandeng mitra Klinik Pratama Cita Sehat yang beralamat di Jalan Parangtritis Km 10 Sewon Bantul, Prodi TLM selangkah lebih maju dalam menyiapkan lulusan yang siap terjun di dunia kerja.


Kelas industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah. Kelas ini dikelola bersama antara sekolah dengan industri. Sekolah diberi kebebasan untuk mencari rekanan dan bekerja sama dengan industri sesuai dengan kompetensi yang ada di sekolah.


Dengan ditandatanganinya MoU kerja sama oleh kepala SMK Kesehatan Bantul dan pimpinan Klinik Cita Sehat, menandai dimulainya hubungan mutualisme pihak sekolah dengan pihak industri, dalam hal ini klinik Cita Sehat. Prodi TLM dipercaya untuk bergabung dan membuka pelayanan laboratorium di klinik tersebut. Guru-guru mapel kejuruan yang juga seorang tenaga medis turun langsung membimbing siswa yang secara bergantian belajar di laboratorium dalam kelas industri.


Laboratorium Klinik Cita Sehat melayani pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan fungsi hati, pemeriksaan fungsi ginjal, paket lab ibu hamil, paket lab pra nikah, dan lain sebagainya.


Melalui kerja sama langsung antara sekolah dengan industri maka diharapkan kelas industri ini akan mampu meningkatkan kompetensi keahlian siswa, sekaligus menciptakan sumber daya manusia (SDM) dari SMK yang lebih berkualitas.


Banyak manfaat yang didapatkan bagi sekolah yang telah memiliki kemitraan dan memiliki kelas industri antara lain siswa bisa lebih fokus dalam mendalami materi yang didapatkan di sekolah. Tidak hanya materi yang sudah dikuasai, tetapi juga bisa fokus dalam mempraktikkan apa yang dipelajari secara langsung di industri.


Kelas industri juga dapat meningkatkan skills siswa. Di kelas industri, keterampilan, gagasan, dan pengetahuan siswa akan semakin terasah sehingga bisa meningkatkan skills secara profesional. Keuntungan ini tentu akan sangat berguna dan membuat siswa lebih siap menghadapi dunia industri.


Keuntungan berikutnya adalah menghasilkan SDM berkualitas. Dengan kegiatan pelatihan dan pendidikan yang intensif di kelas industri, siswa SMK dibentuk menjadi SDM yang mempunyai keterampilan dan keahlian profesional, dengan pengetahuan yang memadai dan etos kerja yang tinggi. (by:nana)





Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 Comments:

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta