Senin, 17 April 2023

ZAKAT FITRAH, BENTUK KEPEDULIAN SESAMA

SMK Kesehatan Bantul melalui panitia penerimaan zakat fitrah sekolah, melayani penerimaan dan pendistribusian zakat fitrah warga sekolah. Dibawah koordinasi ROHIS (Rohani Islam) As-Syifa yang dikomandoi oleh Muh.Syifa Jauhar, S.Pd., tim panitia penerima zakat bekerja dengan mengutamakan asas kepedulian terhadap sesama.


Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri. Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra,

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim) (sumber: baznas.go.id)


Selain mensucikan diri di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian kepada orang yang kurang mampu, serta membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan terhadap sesama.


Besaran zakat fitrah yang ditetapkan adalah 2,5 kg beras atau setara dengan Rp.40.000 jika diwujudkan dalam nominal uang. Secara terjadwal panitia melayani zakat yang diserahkan siswa di ruang aula SMK Kesehatan Bantul.

Selanjutnya, zakat dibagikan kepada siswa yang kurang mampu, yatim piatu, dan warga sekitar yang membutuhkan. Semoga zakat yang diberikan bermanfaat, mampu meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas sesama. (by:nana)







Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta