Rabu, 10 Mei 2023

MENJAGA BUDAYA ISTIMEWA

KAMIS PAHING  DI SMK KESEHATAN BANTUL

 

Keistimewaan di Yogyakarta tidak lepas dari budaya yang masih berkembang dan lestari. Kamis pahing merupakan hari istimewa di Yogyakarta karena hari tersebut merupakan hari berdirinya keraton kasultanan Yogyakarta. Untuk mengenang dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya asli daerah, maka pengenalan kepada siswa perlu dilakukan. Salah satunya dengan penggunaan pakaian adat oleh seluruh warga sekolah tiap Kamis Pahing.


Drs. Slamet Raharja, M.Pd., menuturkan bahwa pemakaian baju adat gagrag Ngayogyakarta di instansi yang Ia pimpin, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap budaya asli daerah. Dengan demikian, kita turut melestarikan budaya yang ada di Yogyakarta. Budaya Istimewa harus kita jaga dan lestarikan bersama.


Sementara itu, Suryadi, S.Sn., Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan menuturkan, bahwa seluruh warga SMK Kesehatan Bantul antusias dalam mengikuti aturan sekolah mengenai pemakaian baju adat. Bahkan, semangat belajar siswa pun makin meningkat berkat terciptanya suasana baru ketika seluruh warga sekolah mengenakan pakaian adat. Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan di SMK Kesehatan Bantul yang merupakan sekolah berbasis budaya.


Seperti diketahui, Kamis Pahing adalah hari yang unik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penggunaan pakaian adat Jawa gagrag Ngayogyakarta telah menjadi tradisi yang diikuti seluruh siswa, guru, karyawan, dan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini merujuk pada Peraturan Gubernur DIY No 75 Tahun 2016 tentang ketentuan penggunaan pakaian dinas. Pada hari tersebut, seluruh pegawai, pelajar, diimbau untuk mengenakan pakaian kebaya bagi perempuan, dan surjan bagi laki-laki. (by:nana)











Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta