Rabu, 20 September 2023

PERAN PENDIDIK DALAM PENGUATAN MENTAL SIAP KERJA BAGI LULUSAN SMK

Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus Tahun 2023

Rabu, 20 September 2023, Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kesehatan Bantul mengikuti forum komunikasi bursa kerja yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul. Kegiatan berlangsung di Pemancingan dan Resto Gendal Gendul Jalan Parangtritis mulai pukul 10.00 WIB.

Hadir sebagai pembicara Rommy Heryanto, Pengurus APINDO DIY. Dalam paparannya, dijelaskan kondisi lulusan SMK saat ini. Berdasarkan hasil analisis, lulusan SMK di DIY masih perlu dorongan untuk masuk ke dunia kerja dan mempersiapkan hardskill serta softskill individu. Lulusan SMK dinilai memiliki sikap malu, terlalu santai, dan terlalu nyaman dibanding daerah lain padahal memiliki hardskill yang sama bahkan lebih. 

Dari forum komunikasi HRD, ternyata banyak lowongan lulusan SMK yang sepi peminat. Lulusan masih menikmati kenyamanan hidup (zona nyaman uang orang tua). Sehingga diperlukan peran BKK untuk mendorong siswa untuk siap bekerja. BKK dan SMK perlu mengatasi masalah internal lulusan, antara lain sikap egois, malu, berpikir pendek, tidak kreatif, malas, takut, dan cepat puas.

Pada pembelajaran produktif dinilai perlu ditambahkan pelatihan mental kepada siswa. Agar siswa terbiasa dengan iklim dunia kerja. Selain itu, lulusan SMK perlu memiliki sikap jujur, empati, dan simpati. 

Berdasarkan hasil pemetaan, kompetensi lulusan yg diinginkan DUDI yaitu lulusan yang mampu bernegosiasi dan komunikatif, dapat bersinergi dan berkolaborasi, inovatif dan kreatif, mampu beradaptasi dan antisipasif, inspiratif, serta memiliki optimisme tinggi.
Selain itu, berpikir kritis, mampu mengelola orang dalam tim kerja,  menganalisis dg cepat, dapat bekerjasama dengan orang lain, berorientasi pada pelayanan terbaik, dan memiliki kompetensi teknis mutlak harus dimiliki oleh lulusan SMK. Semoga lulusan SMK Kesehatan Bantul bermental kerja tinggi dan dapat terserap di dunia kerja. (by: laras)



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta