Jumat, 14 Juni 2024

KUNJUNGAN INDUSTRI SMK KESEHATAN BANTUL TAHUN 2024
Pada hari Senin-Kamis tanggal 10-13 Juni 2024, SMK Kesehatan Bantul melaksanakan Kunjungan Industri ke Jakarta-Bandung. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X Prodi Asisten Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medik, Desain Komunikasi Visual, serta Farmasi Klinis dan Komunitas beserta guru pendamping.

Jurusan Asisten Keperawatan melaksanakan kunjungan industri di RSU Soedirman Jakarta diterima langsung oleh kepala Rumah Sakit Brigjend. Dr. Gunawan, S.Pog, S.Op. Pada saat kunjungan siswa berkumpul di aula rumah sakit dan dipaparkan tentang profil dan sejarah berdirinya rumah sakit tersebut sampai dengan perkembangannya saat ini dari rumah sakit khusus rehabilitasi beralih menjadi RSUP Panglima Besar Soedirman. Kemudian setelah pemaparan selesai siswa diajak hospital tour untuk diperlihatkan fasilitas yang ada di sana.

Jurusan Farmasi melaksanakan kunjungan di LAFIAL (Lembaga Farmasi Angkatan Laut) di Jakarta pusat. Siswa diberikan materi tentang profil industri LAFIAL yang bergerak di bidang pembuatan obat untuk TNI AL. Kemudian setelah selesai pemaparan materi siswa diajak keliling laboratorium mikrobiologi, laboratorium instrumen, bagian produksi, dan bagian quality control. Siswa diajak berkeliling untuk melihat proses pembuatan obat dari bentuk bahan baku sampai menjadi tablet siap digunakan. Selain itu, siswa juga mempraktikan langsung cara penggunaan alat untuk evaluasi tablet seperti hardness tester, desintegration tester, friability tester dan menghitung  keseragaman bobot tablet.

Jurusan TLM (Teknologi Laboratorium Medik), DKV (Desain Komunikasi Visual) dan Farmasi melaksanakan kunjungan ke Kimia Farma Plant Jakarta. Siswa berkumpul di aula untuk pemaparan materi tentang profil, sejarah, digital marketing dan juga pemutaran video pembuatan obat dari bahan baku. Kemudian setelah selesai pemaparan materi siswa diajak keliling untuk melihat proses pembuatan obat maupun pembuatan desain obat.

Setelah kunjungan industri selesai, semua jurusan berwisata di Ancol, Floating Market, Great Asia Afrika dan Cibaduyut. Setelah serangkaian kegiatan kunjungan industri selesai dari Jakarta Bandung kemudian kembali lagi ke Bantul.

Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan lancar, semoga bisa menambah Ilmu dan wawasan siswa tentang DUDI. (by:medha)




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta