Selasa, 28 Februari 2023

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

BATIK JUMPUTAN KARYA SISWA SMK KESEHATAN BANTUL


    SMK Kesehatan Bantul mengembangkan batik jumputan karya siswa. Karya batik tersebut merupakan hasil dari pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK). Siswa berlatih mengembangkan kreativitas dalam karya nyata.


    Batik jumputan atau sering disebut tie dye merupakan corak batik yang dihasilkan dengan cara mengikat kain dengan kencang kemudian mencelupkan ke dalam pewarna batik. Teknik membatik seperti ini sering juga disebut dengan istilah teknik ikat celup.


    Dewi Nur Susanti, M.Pd., guru pengampu mata pelajaran PKK menuturkan, bermacam motif batik dihasilkan oleh siswa SMK Kesehatan Bantul. Siswa secara berkelompok mempersiapkan proyek dengan terlebih dahulu mempelajari teori, macam-macam motif batik jumputan, metode pencelupan, menyusun jadwal pembuatan proyek, lalu tahap pengerjaan proyek. Hasilnya luar biasa, tidak mengecewakan.


    Seperti diketahui, corak batik tie dye cenderung memiliki spektrum warna yang beragam, seperti warna pelangi, sehingga segar untuk dilihat. Corak batik lain yang hampir mirip dalam pembuatannya adalah batik teknik shirobi, yang hanya menggunakan satu warna saja. Kedua teknik membatik tersebut dipraktikkan oleh siswa. Siswa diberi kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas yang dimiliki.


    Kelompok tertentu menggunakan teknik ikat kemudian mencelupkan ke dalam cairan pewarna. Ada juga kelompok lain yang melipat dan menggulung kain lalu menuangkan pewarna di atasnya. Sehingga dihasilkan berbagai corak batik nan indah. (by:nana)






"VIDEO KREATIF SISWA DALAM PROSES PEMBUATAN BATIK JUMPUTAN"





 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 Comments:

  1. Project Based Learning, pembelajaran berbasis proyek yg sangat bermanfaat. Mangajarkan siswa untuk kreatif, inovatif, dan mampu menciptakan karya batik jumputan.

    BalasHapus

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta