Selasa, 14 Februari 2023

PHARMACIST TALK

HERBAL UNTUK PARESTESIA (KESEMUTAN)


    Kesemutan atau dalam istilah disebut paresthesia adalah sensasi mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti tertusuk jarum. Hal ini terjadi ketika saraf secara tidak sengaja mendapatkan tekanan sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar. Kesemutan ada yang bersifat sementara dan berkelanjutan.

Penyebab kesemutan sementara

    Tidak hanya terjadi di kaki dan tangan, kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke syaraf di daerah itu menjadi terhambat. kita bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil.

    Penyebab lain adalah Raynaud hal ini mempengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini kususnya menyerang saat penderita sedang stress dan gelisah atau berada di ruangan bersuhu dingin.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan

1. DM, ganguan ginjal, stroke, tumor otak, kolesterol tinggi, ketidakseimbangan hormon 

2. Sedang mengkonsumsi obat - obat kemoterapi, obat anti kejang, antibiotik, obat HIV

3. Terpapar zat beracun (merkuri, timbal, arsenic)

4. Mal nutrisi, kurang vit b komplek (B12)

5. Multiple sclerosis (kondisi jangka panjang yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang

6. Neurotropic ferifer

7. Saraf kejepit

8. Rheumatic

9. Kekurangan Vit B komplek, magnesium


Cara mengetahui penyebab pasti kesemutan

    Jika sering terjadi kesemutan dan muncul ruam, pusing, kejang otot, nyeri di leher, pada lengan bawah, jari-jari, tubuh berasa lemah, tidak bisa bergerak maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

    Dengan cara melihat riwayat medis dan keluhan serta dilakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes elektromiogram (EMC), pemeriksaan cairan cerebraspinal terkonduksi saraf.


Obat herbal:

    Kunyit (Curcuma Longa Liin : kurkumin, sesmetoksikumin, antioksidan, minyak atsiri)

Sebagai anti infamasi, mengandung vitamin B Kompleks, kunyit membantu menstabilkan gula darah di dalam tubuh, penggunaan secara rutin dapat menghilangkan kesemutan.


    Jahe (Zingiberofficininale : gingerol, shogaol, antioksidan)

Sebagai analgetic atau anti inflammasi, caranya diminum dan dibalur.


    Kayu Manis (Cinnamomum Verum: mangan, kalsium, Vitamin B kompleks, Vitamin C)

Sebagai anti inflamasi dan juga berkhasiat untyuk meningkatkan sirkulasi darah dengan cara menuangkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air hangat dan diminum pagi dan sore.


    Cuka Apel (Malusdomestica : Asam Asetat, Asam Amino, Flavonoid, Vitamin, Mineral)

Sebagai anti inflamasi, kandungan asam asetat dapat memulihkan dan memperbaiki saraf yang rusak, meningkatkan energi dan mempercepat proses pemulihan kesemutan. Caranya dengan menuangkan satu sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air hangat, kemudian ditambahkan madu dan diminum sehari sekali.


    Alpukat (Kaya magnesium, yaitu zat yang bagus untuk otot dan juga tulang)


    Ginko Biloba (Kaya Magnesium)

Sebagai anti inflamasi dan mampu meningkatkan sirkulasi darah. Caranya dengan mencampurkan 1-2 sendok teh ginko biloba dengan satu gelas air hangat dan tambahkan madu. Sehari cukup satu kali saja.


    Willow Putih (Salic Alba : Dadalu Putih, mengandung Salicin yang mirip dengan Aspirin Asam Salisilat)

Sebagai analgesik, asam salisilat yang dihasilkan dari kandungan Salicin berkhasiat sebagai penghilang nyeri, caranya dengan mengambil 2 atau 3 sendok teh Willow Putih dengan air mendidih dan biarkan 10 menit, kemudian saring dan minum selagi hangat.


    Bekatul (Flavonoid, Proten, Serat, Vitamin)

Oriza Sativa (Rice Polish), adalah lapisan yang menyelimuti endosperma beras jadi bukan dedak. Rich Brand banyak mengandung vitamin B Kompleks (memperbaiki fungsi saraf dan protein). Caranya dengan jahe instan 20 gram ditambah bekatul 15 gram dicampur, kemudian dituangkan air panas 1 gelas dan diaduk, bisa ditambahkan susu bubuk, sehari cukup 1 kali. 


    Tanaman yang banyak mengandung kalsium (banyak dibutuhkan untuk kontraksi otot dan trasmisi syaraf, mengurangi kram otot contohnya : brokoli, okra, edamama dll. buah : bery, kiwi, jeruk)


NON ORAL


    Minyak Esensial (minyak lavender, minyak zaitun)

sebagai anlgesik dan anti inflamasi yang berfungsi meredakan nyeri dan memperbaiki kerusalan syaraf. caranya : minyak lavender 10-12 tetes + minyak zaitun kemudian dibalur untuk pijat ringan

    Garam Epson (tinggi magnesium)

Menurunkan peradangan dan pemulihan syaraf. caranya : tuang 1 cangkir kedalam 1 ember air hangat untuk merendam bagian tubuh yang kesemutan kurang lebih 15 menit.

    Kompres Air Hangat 

Berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah yang ada pada gilirannya dapat mengatur fungsi syaraf dan mengurangi sensasi kesemutan.

        Kompres Es

Untuk merangsang aliran darah, pijat tangan perlahan - lahan dengan bongkahan es dalam wadah plastik ini akan melenturkan otot - otot tangan.

    Latihan Peregangan tangan sederhana

Kepal tangan kemudian regangkan sampai lurus kembali dan ulangi gerakan ini 5 - 10 kali untuk mengurangi tekanan pada pergelangan


Gaya Hidup Sehat


1. Rutin Olahraga

2. Menghindari paparan racun

3. Menghindari konsumsi minuman berakohol

4. Berhenti merokok

5. Pola makan yang sehat

6. Menjaga berat badan ideal

7. Mengobati dan mengontrol penyakit kronis

(By:apt. Erna Kusumawati, M.Far.)






Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 Comments:

  1. Guru-guru di SMK Kesehatan Bantul luar biasa.. Selain menjadi guru, juga sebagai tenaga kesehatan. Seperti Bu Erna ini nih... Apoteknya banyak. Hihiii...

    BalasHapus

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta