Rabu, 01 Maret 2023

PRA UKK PRODI FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS

PERSIAPKAN DIRI HADAPI UJI KOMPETENSI


    Pra UKK (Uji Kompetensi Keahlian) Prodi Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Kesehatan Bantul dilaksanakan pada 1-9 Maret 2023. Siswa kelas XII prodi tersebut mengikuti dengan sungguh-sungguh.


    Persiapan menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini dilaksanakan secara terjadwal dengan bimbingan dari guru-guru mapel kejuruan farmasi. Berbagai persiapan telah dilakukan, seperti mengecek semua alat peracikan obat dalam kondisi bersih siap pakai, neraca/timbangan bahan obat terkalibrasi sesuai standar, bahan obat tersedia dan mencukupi, dan memastikan seluruh perlengkapan tersedia dan siap digunakan.


    Sekar Wulan, S.Far., Kepala Laboratorium Farmasi menuturkan, bahwa semua alat dan bahan yang diperlukan untuk Pra UKK dan pelaksanaan UKK telah dipastikan aman dan siap pakai. Siswa pun secara keseluruhan telah siap mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, guru-guru pendamping sudah terjadwal dan siap bertugas mendampingi siswa dalam persiapan UKK ini.


    Berbagai kompetensi yang harus dikuasai siswa yaitu mulai dari penerimaan resep, perhitungan harga, pembuatan jurnal, peracikan obat, pemberian etiket aturan minum obat, pembuatan copy resep jika diperlukan, hingga pada tahap penyerahan obat kepada pasien. Selain itu, siswa juga harus menguasai tahapan dalam distribusi depo farmasi, meliputi pembuatan jurnal, peracikan, penulisan etiket penggunaan obat, dan penyerahan depo.


    Pengecekan dan penulisan pada kartu stok obat, penulisan surat pesanan sediaan farmasi, monitoring, melakukan retur, cara penyimpanan sediaan farmasi yang tepat, serta kontrol kadaluarsa sediaan farmasi juga wajib dikuasai siswa. Dengan pelaksanaan Pra UKK ini, diharapkan siswa kelas XII Prodi Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Kesehatan Bantul dapat mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi. (by:nana)











 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 Comments:

  1. Semangat yaa untuk kelas XII FKK yg sedang pra UKK. Sukses selaluu...

    BalasHapus
  2. Semangat adik² untuk UKKnya,,,,,, buat mbk nana jangan galak²,,,,

    BalasHapus

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta