Minggu, 05 Maret 2023

SINAU AKSARA JAWA DIGITAL

TIDAK ADA LAGI SISWA BUTA AKSARA JAWA


SMK Kesehatan Bantul mendapat kesempatan untuk mengikuti Pembinaan Sastra Tahun 2023 bertajuk “Sinau Aksara Jawa Digital”. Kegiatan tersebut diadakan oleh Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Dinas Dikpora DIY.


Bertempat di Ros-In Hotel Yogyakarta, pembinaan sastra diperuntukkan bagi guru mata pelajaran Bahasa Jawa dan siswa yang ditunjuk mewakili sekolah. Mengikuti pembinaan tersebut, guru mata pelajaran bahasa Jawa SMK Kesehatan Bantul, Dita Hani Astuti, S.Pd.


Pembinaan sastra bertema “Sinau Aksara Jawa Digital” bertujuan untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap aksara jawa pada generasi milenial. Generasi penerus diajak untuk nguri-uri kebudayaan Jawa. Aksara jawa yang dianggap kuno, kini bisa diakses dan ditulis melalui media digital seperti laptop, komputer, maupun handphone. Hal ini tentu lebih dekat dan memudahkan generasi modern khususnya pelajar untuk mempelajari dan menggunakan aksara Jawa.


Dita Hani Astuti, S.Pd. menuturkan, kini belajar aksara Jawa tidak hanya melalui naskah-naskah kuno dengan lembaran coklat pekat yang menyebabkan disparitas atau kesenjangan kaum muda terhadap budaya asli daerahnya. Kemajuan iptek memaksa kita untuk melek teknologi.


Semoga dengan adanya pembinaan aksara Jawa digital tersebut dapat diterapkan di sekolah. Sehingga memudahkan siswa dalam belajar dan nguri-uri budaya Jawa. “Semoga tidak ada lagi siswa yang buta aksara Jawa”, tegas Dita Hani. (by:nana)




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 Comments:

  1. Generasi muda nguri-uri Budaya Jawa. SMK Kesehatan Bantul Jaya..

    BalasHapus

Daftar Sekarang Juga

Contact Us
ADMIN
02746462706
Bantul, D.I Yogyakarta